PERANCANGAN BUSINESS TO COSTUMER PADA SISTEM PENJUALAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE
Abstract
Sejalan dengan lajunya perkembangan bidang teknologi, perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam industri kecil, menengah maupun besar, yang merupakan salah satu dari sekian banyak pelaku dan penunjang kegiatan ekonomi di negeri ini, semakin dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap survive. Business to costumer merupakan suatu proses bisnis dimana penjual (produsen) berhadapan langsung dengan pembelinya. Sifat dari bisnis tersebut adalah terbuka dan bebas dimanfaatkan oleh khalayak umum, cara mengaksesnya melalui sebuah website yang disediakan oleh sang penjual. Dalam hal ini, organisasi atau perusahaan akan bersaing dengan pelaku bisnis yang lain di dunia maya. Pada penelitian ini terdapat beberapa tahapan yaitu sebagai berikut: analisa permasalahan, pengumpulan data, studi pustaka, proses perancangan sistem, implementasi sistem, dan evaluasi sistem. Penelitian ini menghasilkan desain bisnis proses menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan mendesain tampilan antar muka sistem. Sedangkan hasil evaluasi berupa kuisioner kepada pengguna yang akan menggunakan sistem ini dalam hal ini adalah penjual online.