RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG DAN KEBAKARAN PADA LAB KITCHEN (STUDI KASUS LAB KITCHEN UNIVERSITAS TRIATMA MULYA)

  • I Made Agus Adi Universitas Triatma Mulya
  • Anak Agung Ngurah Mahendra Adhi Putra Universitas Triatma Mulya
  • I Gusti Gede Sumartana Universitas Triatma Mulya
  • Jusdek Dody Prathama Universitas Triatma Mulya
Keywords: sistem deteksi, kebocoran, gas LPG

Abstract

Liquefid Petroleum Gas (LPG) saat ini sangat berperan penting pada kehidupan manusia, baik dari jenis golongan ke bawah maupun ke atas mulai dari rumah maupun yang di gunakan di industri besar. selain mudah di dapatkan, harganya pun masih terjangkau. Salah satu resiko menggunakan gas LPG adalah terjadinya suatu kebocoran pada tabung atau pada instalasi. Saat ini di kampus Universitas Triatma Mulya tempat penulis melakasanakan penelitian belum mempunyai sistem pendeteksi kebocoran gas lpg dan kebakaran terutama pada lab kitchen.
Berdasarkan permasalahan tersebut dapat di usulkan alat pendeteksi kebocoran gas LPG dan kebakaran. Alat ini menggunakan teknologi mobile yang memberikan peringatan dini melalui notifikasi pada smartphone ketika terjadi kebocoran gas LPG dan kebakaran. Penggunaan alat ini dapat mengurangi risiko ledakan tabung LPG dan kebakaran di lab kitchen di Universitas Triatma Mulya. Sistem ini dilengkapi dengan indikator LED dan buzzer sebagai peringatan saat terjadi kebocoran gas LPG dan kebakaran. Pengujian dilakukan dengan mengamati indikator-indikator tersebut dalam kondisi pengkondisian yang berbeda guna mendeteksi adanya kesalahan yang mungkin terjadi pada rangkaian sensor pendeteksi gas LPG.

Published
2024-01-24